APA MAKNA PELAYANAN dan TUGAS

Berkenaan dalam kepelbagai persoalan yang berkembang belakangan ini, seakan membawa kita peduli untuk berpikir. Bisa kita terka sendiri, tentang makna “tugas dan pelayanan.” Kedua kalimat ini memang kelihatan fungsinya sama, yaitu bertindak melakukan sesuatu, dalam konteks di tengah jemaat gereja.
Pengertian yang sangat sepele ini, biasanya kurang diperhitungkan. Sebab mereka menganggap sudah hal yang sangat biasa dan tidak perlu dipermasalahkan.

Inilah sebait kalimat yang menyakitkan. Tidak memecahkan masalah, tapi memutuskan masalah dan muncul masalah baru. Pergumulan ini sebagai sudut pandang dimana kita membangun jemaat di tengah-tengah transformasi sosial yang selalu silih berganti ini. Tidak ada salahnya sebagai warga ikut peduli mewarnai pergumulan ini. Entah secara verbal atau non verbal.
Di sinilah perlu adanya sosok “motivator variabel teknis” yang bersifat netral, kunci utama yang harus diciptakan. Ya, paling tidak bisa meminimalisir ketidakadilan. Juga mau mendengar semua keluhan lalu menganalisa dan memparafrasekan dengan bahasanya sendiri yang lebih santun. Inilah, manifestasi dari sudut pandang permasalahan yang ada. Yang menjadi pertanyaan, mungkinkah di jemaat kita juga demikian ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s