MEDIA DAN INFORMASI

Negara kita ini sudah memasuki era-informasi, yaitu media. Entah cetak maupun elektronik sebagai penyebar informasi kepada khalayak banyak, yaitu masyarakat luas. Nah sini, mereka/jurnalis dituntut untuk berkemampuan secara profesional dan independensi di bidangnya. Suatu hal tuntutan idealisme yang diajarkan secara luhur dan berhati nurani.
Namun yang terjadi tidak seperti yang diharapkan, seperti apa yang ditulis oleh para jurnalis sangat paradox banyak bertolak belakang, keluar dari rel yang sebenarnya, yaitu kode-etik sebagai mukadimah yang sangat dijunjung tinggi. Para jurnalis lebih mementingkan, siapa yang “membayar”. Inilah benang merah pergumulan masyarakat yang harus diterima. Banyak berita hoax ! Dan sangat kurang akan nilai-nilai independensi.
Pengaruh sangat begitu kuat, lantaran keberpihakan media elektronik sudah dikuasai oleh para politisi. Lalu di mana letak independen, kejujuran dan kearifan luhur yang sejati ? Yang ada sekarang ini, hanya kedaulatan negara semakin ringkih, rapuh dan berdampak. Lalu siapa yang harus bertanggung jawab ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s