BEBAN PELAYANAN.

Banyak hal pelayanan yang selama ini kita lakukan dan kita laksanakan, terjebak oleh kecenderungan akan hal-hal yang bersifat rutinitas. Memang, itu bila kita kurang bisa menempatkan diri pada tempat yang sebenarnya. Berkenaan dengan rutinitas akan berdampak pada nilai-nilai yang menyangkut tentang arti: kapan, dimana, berapa/materi.

Nah dari semua ini, ujungnya akan mengarah pada segi aspek kehidupan pelayan itu sendiri, yaitu kebutuhan. Mungkin kita bisa menyimpulkan akan makna dari pelayanan yang sejujurnya. Contoh, pelayanan Tuhan Yesus, bukan berkorban untuk kepentingan diri sendiri, melainkan untuk orang lain/altruistik. Makna dari pengorbanan di sini bisa diasumsikan pada sesuatu yang sangat di luar materi/jasa. Dan contoh lain yang agak menyimpang, Petrus. Petrus selalu memilih tugas dalam pelayanan. Karena ia menganggap Kornelius bukan orang Yahudi. Memang sangat berat tugas pelayanan bila kita lakukan untuk menyamakan Tuhan Yesus. Namun paling tidak kita harus bisa memaknai diri yang sejujurnya dengan arti, akan motivasi pelayanan itu sendiri. Atau lebih jelasnya kita memprioritaskan tugas pelayanan itu lebih dulu, dari pada yang lainnya.

Pada hakikatnya lembaga gereja bukan suatu bentuk pelayanan yang bersifat mengejar untung dan ruginya. Namun lembaga sosial umat yang penuh kasih dan berkedaulatan pada pelayanan Tuhan. Di sinilah nilai cinta kasih bersemayam dalam konteks kesejahteraan abadi dalam arti Sallom.

Bila kembali pada titik awal, pelayanan merupakan tindakan yang mulia, tidak memandang “pamrih” di mana harus ditempatkan dan di mana harus bisa meyesuaikan diri. Tidak sentris pada diri sendiri atau “sak karepe dewe”. Inilah problematika yang selalu ada, Tuhan memberkati…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s