MANDIRI DAN MENJADI BERKAT

Pada hakikatnya, menjadi penatua dan diaken perlunya lebih cenderung mempunyai kreativitas tidak hanya sekedar sudah dipilih dan mendapat jabatan. Ya sudah !! Namun yang lebih penting agar bisa mendekatkan jemaat kepada sang Kristus. Kreativitas sangat dimungkinkan di dalam gereja. Gereja bukan hanya institusi, tetapi juga arena penggembalaan.

Sebab panggilan pelayanan penatua dan diaken yang terpilih bisa “Mandiri dan Menjadi Berkat” Mengapa ? Hidup dalam kebersamaan dengan warga jemaat harus bisa membangun dan mewujudkan kemandirian di segala bidang adalah tujuan utama. Juga bisa menjadi jalan berkat bagi semua orang. Di sinilah campur tangan Tuhan menjadikan seorang penatua dan diaken bisa menghayati panggilan masing-masing.

Juga pergumulan akan panggilan Tuhan pada hakekatnya adalah proses yang tidak pernah berakhir. Seorang penatua dan diaken dituntut kesetiaannya akan panggilan tersebut. Hal ini kemudian terkait dengan spiritualitas.

Oleh karena itu tidak dikenal istilah “Salahe sopo milih aku” sebagai anggota majelis. GKJW hanya memberikan kesempatan melayani kepada orang yang telah menerima panggilan khusus tadi. Di GKJW, bukan anggota majelis yang datang untuk membentuk jemaat. Melainkan Tuhan yang berproses memanggil orang-orang tertentu sebagai pelayan untuk memelihara jemaat yang sudah ada.

Untuk dapat menjawab panggilan tersebut, seorang penatua dan diaken harus memperlekapi diri dengan pemahaman tentang organisasi GKJW, Tata Pranata GKJW, wawasan GKJW, dan etika sebagai majelis. “Ora sak karepe dewe”, sebab merasa ia butuhkan. Dan pula pemahaman tentang liturgi dan dogma, system administrasi kesekretariatan dan keuangan serta perubahan konsep diri dari warga biasa menjadi seorang tanggung jawab bersama.

Nah, dengan berbagai pemahaman diatas, diharapkan para penatua dan diaken baru dapat menjawab panggilan dengan setia, rendah hati dan dapat mengendalikan diri dengan baik. Tidak gampang emosi dan “nesuan”. Selamat bekerja di ladang Tuhan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s