SOSOK WANITA MASA KINI

Wanita sebenarnya mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan berumahtangga, juga mempunyai potensi sumberdaya yang cukup besar dalam ikut serta memegang tampuk pemerintahan di sektor pembangunan. Hal ini merupakan buah keberhasilan dari perjuangan wanita dari generasi sebelumnya yang sudah membuktikan potensinya. Sehingga wanita masa kini mendapat kesempatan lebih untuk mengembangkan dirinya dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

“Sejak emansipasi berkibar dan akses pendidikan terbuka luas, perempuan Indonesia semakin berkembang merambah ruang publik dan memainkan banyak peran.” kata Ida Nurul Chasanah staf pengajar Departemen Sastra Indonesia FIB Unair. Jawa Pos 22Des’18.

Betul juga kata dia, keberhasilan ini bisa kita lihat dari ikut sertanya wanita dalam pembangunan di berbagai bidang, misalnya di bidang ekonomi muncul nama Ibu Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan Indonesia di Kabinet Indonesia Bersatu, beliau juga berhasil masuk kedalam jajaran wanita yang paling berpengaruh. Di bidang pertahanan dan keamanan, terdapat Ibu Brigjen Rumiah yang menjabat sebagai Kapolda Banten dan merupakan Kapolda wanita pertama di Indonesia. Dua contoh tokoh wanita masa kini tersebut membuktikan wanita masa kini sudah mempunyai andil pada sektor publik (umum).

Peranan wanita ini bersifat dinamis, artinya dapat berubah dari masa ke masa. Jika wanita terus membuktikan potensi yang dimilikinya, perannya dalam sektor publik akan makin diperhitungkan, dan begitu pula sebaliknya. Maka wanita masa kini harus bersikap tangguh dalam menyikapi ideologi gender yang sudah melekat (wanita dan pria mempunyai peranan yang berbeda) yang pernah mengekang peranan wanita.

Wanita harus tetap berjuang maju tanpa melupakan kodratnya. Keberhasilan seorang wanita dalam menjalankan kodratnya dan menjalankan perannya di masyarakat akan makin menunjukkan kecantikan yang dimiliki dalam dirinya. Semoga tulisan ini bisa terinspirasi untuk para wanita yang tercinta ini. (Selamat Hari Ibu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s