MEMBANGUN MINAT BACA ANAK

Minat baca rakyat Indonesia masih rendah. Data United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Ini berarti hanya satu orang dari 10 ribu anak di Indonesia yang senang membaca.

Alangkah indahnya dan manfaatnya bila KPAR kita ada ruang untuk saling berbagi ilmu untuk saling “membaca ria” sebab
membaca merupakan ilmu dasar yang diajarkan untuk memulai proses belajar mengajar. Tinggi rendahnya minat baca sedikit banyak berpengaruh pada kualitas wawasan dan pengetahuan setiap individu. Budaya membaca tidak bisa serta merta bisa dilakukan oleh semua orang, namun harus dibiasakan dan dipupuk sejak kecil, dan dimulai dari lingkungan keluarga.

Jika sejak kecil terbiasa memiliki waktu untuk membaca, si Kecil akan menjadikan membaca adalah sebuah kebutuhan. Selain itu, orang tua yang gemar membaca akan memberikan kebiasaan yang sama kepada anak. Jangan lupa untuk tetap mendampingi si kecil saat membaca, dan pastikan buku yang dibaca adalah buku yang tepat dan sesuai dengan usianya.

Pendidikan dasar yang diterima anak adalah dari lingkungan keluarga, sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk merangsang minat baca kepada anak-anaknya sedini mungkin. Karena membaca membutuhkan konsentrasi tinggi, maka dibutuhkan suasana dan ruangan yang mendukung. Misalnya penerangan yang cukup, ruangan yang rapi dan tidak bising, hingga kursi yang nyaman. Untuk itu akan sangat baik jika Anda membuat sebuah perpustakaan kecil di rumah, agar si Kecil merasa nyaman dan tertarik untuk membaca. Salam literasi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s