SUATU FENOMENA GKJW, SEBAGAI CATATAN YANG BELUM TUNTAS.

Kembali kita membahas potret GKJW bukan berarti penulis menempatkan sudut pandang yang negatif atau mencari masalah, namun hanya sebagai “saling peduli untuk mengevaluasi” sejauh mana langkah perjalanannya. Memang dalam setiap kesempatan selalu berusaha memberikan bukti bahwa sejauh perjalanan era globalisasi di tengah tranformasi sosial/warga jemaat.

Perjalanan GKJW bagai meniti di tengah jembatan yang belum selesai, jadi perlu kehati-hatian. Hal ini mungkin bisa terasa salah satunya, bentuk pergumulan di dalam struktural dan warga jemaat yang selalu silih berganti. Entah yang bersifat internal maupun eksternal. Walau dengan kebersamaan dalam mengambil suatu kebijakan, walau ada berapa yang perlu ditutupi, namun GKJW lebih semangat dan optimis dengan mengedepankan peran pastoral sebagai landasan.

Jika ada beberapa hal yang menurut penulis perlu menjadi catatan bersama, khususnya dalam menyikapi dan usaha merealisasikan terwujudnya cita-cita yang kita harapkan dengan tumbuh berkembangnya GKJW di era prilaku zaman yang tak menentu ini ? Sebagai catatan, mengingat kita sebagai minoritas. Ini yang selalu menjadi untaian makna tersendiri.

Beberapa hal di atas dari sudut pandang yang lebih kehati-hatian dalam menyikapi persoalan ini, memang sangat riskan. Perlu membutuhkan nalar, etika yang cukup representative demi terwujutnya jemaat yang menjadi panutan juga ikut merasakan nikmatnya warga gereja dalam nuansa yang syalom adem dan sejahtera disertai dengan transparansi tanpa marginalisasi, kastaisasi warga jemaat. Inilah potret GKJW kita, Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s