LITERASI POLITIK

Sebentar lagi hanya kurang berapa bulan Pilpres atau pemilihan Presiden 2019 akan segera dimulai. Para tim sukses sudah sibuk mengatur strategi, tujuannya agar kandidat yang diusung dapat diterima hati masyarakat. Tak heran konstelasi sudah sangat terasa ramai. Terutama di media cetak ataupun di media sosial.

Inilah warna demokrasi kita, namun ada yang kurang bisa menyenangkan bila warna demokrasi yang indah ini dinodai oleh hal-hal yang berkenaan dengan isu agama. Agama yang semestinya menjadi pedoman dan filter permasalahan justru dijadikan ajang politik yang ambigu. Hal ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai akal yang sehat. Jadi warna-warni demokrasi kita buram.

Bisa dibayangkan munculnya informasi yang tidak jelas arahnya dan tak bisa dipertanggungjawabkan, sangat ngeri medengarkan. Seakan-akan berita bohong menjadi santapan masyarakat hampir tiap harinya. Dan masyarakat seakan dijadikan komoditi permasalahan, dengan diadu domba. Lalu bagaimana nasib persatuan negeri ini yang sudah dibangun oleh fouding father kita dengan susah payah akan rusak hanya untuk kepentingan politik sesaat.

Nah, literasi politik, sebagai ujung tombak menjawab semua tantangan yang terjadi selama ini, juga dipahami sebagai pemahaman praktis tentang konsep-konsep yang diambil dari kehidupan sehari-hari dan bahasa merupakan upaya memahami seputar isu politik, keyakinan para kontestan.

Kurangnya pemahaman tentang isu-isu politik dan kegiatan politik, tidak jarang menyebabkan masyarakat apatis terhadap berbagai proses demokrasi dan dinamika politik pemerintahan di sekitarnya. memengaruhi diri sendiri dan orang lain. Dengan kata lain, literasi politik merupakan senyawa dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap mengenai politik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s