KLEPTOKRASI

Kleptokrasi berasal dari bahasa Yunani. Kleptes yang artinya pencuri dan kratos adalah kuasa. Jadi kesimpulannya suatu kesempatan para penguasa untuk melakukan sesuatu tindakan yaitu mencuri/korupsi. Nah barang siapa yang dicuri, ya jelas uang rakyat ! Dengan demikian, faktor ini terletak pada suatu sistem pemerintahan yang tidak labil dan sudah membudaya. Penyakit ini bisa kita sebut kleptomania, penyakit mencuri. Kalau tidak mencuri/korupsi rasanya kurang nyaman. Hemm…

Maraknya penyakit ini dikarenakan tuntutan politik transaksional yang sudah dibangun turun temurun. Korupsi sesuatu yang sudah tidak tabu, hal yang lumrah. Juga terjadinya korupsi karena tidak adanya kontrol atau pengawasan terhadap jalannya pemerintahan, bahkan nyaris tidak berfungsi efektif.

Sebetulnya fungsi kontrol bisa berjalan jika ada jaminan perlindungan bagi kebebasan berekspresi, termasuk perlindungan terhadap jurnalis. Kalau jurnalis tidak diberi ruang gerak dan tidak dihormati hak-haknya, korupsi akan semakin merajalela. Kletomania inilah yang terus menjadi fenomena.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s