BILA DEMOKRASI TIDAK BERMARTABAT

Untuk membangun demokrasi bermartabat tidak semudah yang kita gambarkan, butuh waktu, tenaga, upaya dan integritas yang kuat. Juga harus berani menghadapi tantangan dan hambatan tentang kehidupan politik yang siap menghadang. Politik yang kurang cerdas, politik yang tanpa kebajikan mempengaruhi prilaku kehidupan bermartabat.

Sebuah realitas mendatangkan keprihatinan disaat kita membutuhkan kebhinekaan utuh bukan yang carut marut, terhempas diantara kisi-kisi kehidupan bertoleransi yang semakin tidak jelas. Dan keindonesian kita diwarnai berita hoax juga narasi kebencian yang menghiasi lembar demi lembar goresan tinta buram nafas bangsa.

Bila selama ini perbedaan politik di luar garis kewajaran tak akan ada lagi kemartabatan berdemokrasi. Yang ada hanya saling mencurigai dan saling menghakimi antara yang malaikat dan setan. Di sinilah sebetulnya para politisi bekerja untuk melakukan pendidikan politik warga bukan sekadar berambisi meraih kekuasaan dan menggalang kekuatan kelompoknya.

Memang segala keterbatasan yang dimiliki masyarakat dengan SDM yang lemah dan pemahaman yang kurang tentang arti penting berdemokrasi memunculkan kerisauan akankah pesta demokrasi 2019 berjalan dengan baik, serta menghasilkan Pemilu berkualitas. Kerisauan di atas bukan tanpa alasan, namun fakta.

Kondisi seperti ini memungkinkan potensi kepercayaan masyarakat pesimis dalam menentukan pilihan lantara politik kebangsaan tak lagi mewarnai jiwa dan gairah patriotisme berdemokrasi yang penuh harkat dan martabat. Kemanakah negeri ini akan melangkah dan menentukan nilai-nilai kebajikan yang santun. Jawabnya hanya di hati ‘panjenengan’…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s