MORALITAS ANAK BANGSA

Dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini, banyak para remaja yang tidak sadar bahwa prilaku internet mempengaruhi pembentukan identitas diri. Saling ingin tahu siapa sebenarnya dirinya dan ingin menjadi siapa, bagaimana dia diperlakukan.

Coba kita lihat kalau dia sedang melakukan interaksi dengan lingkungan sosial, yang tergambar hanya pada penyerapan indrawi. Namun lebih jauh lagi, dia mempelajari, memproses, hingga menjadikan setiap peristiwa sebagai pedoman untuk mencari jati diri.

Dunia virtual sebagai tempat berinteraksi
Ini merupakan hal yang lumrah untuk menjadikan dirinya semakin dewasa. Namun jika berlebihan jelas tidak akan sadar diri, di mana masa depan dia masih jauh dan menunggu, akan terabaikan juga sia-sia. Dunia virtual memang pengaruhnya sangat kuat.

Bayangkan hampir tiap hari para remaja kita disuguhi kusumsi bahasa-bahasa destrutif, percayalah lambat laun mereka akan menjadi pribadi yang destruktif, keras kepala, tidak tahu aturan, ‘sakkarepe dewe’ dan egois. Pada hal dalam khasanah budaya, Indonesia sangat memegang teguh akan pribadi yang sangat santun.

Akan tetapi jika budaya santun keindonesiaan menjadi ciri khas bangsa ini semakin terkikis oleh prilaku-prilaku yang demikian. Akan menjadi apa generasi penerus kita ? Perlu adanya pengkajian dan penelaahan yang dalam hingga mendapatkan kesimpulan yang nyata. Kapan, suatu dilema yang berkepanjangan……..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s