CITIZEN JURNLISM SEBAGAI WAHANA ALTERNATIF DI MEDIA SOSIAL

Di era perkembangan teknologi dan komunikasi sekarang ini secara tidak langsung menciptakan suatu wahana baru yang sangat signifikan dalam konteks dunia komunikasi dalam bentuk praktik jurnalistik trend baru yang disebut citizen journalism.

Seperti apa yang dilakukan sebagai citizen journalism tak lepas dari aktifitas kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh jurnalis professional pada umumnya. Namun ada kecenderungan sedikit perbedaan antara subjek yang melakukannya dan masyarakat umum secara autodidak, dengan kata lain tanpa disertai pendidikan ilmu jurnalistik pada umumnya.

Tak lepas dari kemungkinan yang ada dan berkembang. Tumbuh kembang media online sebagai media alternatif menjadi catatan penting sebagai wadah yang sangat diharapkan sebagai fungsi alternatif media massa dari media konvensional sebelumnya. Juga sebagai kebutuhan informasi sekaligus menjadi media kebutuhan pokok yang mampu mendidik penggunanya.

Disinilah perlunya ada analisis dimana konten kualitatif yang mempunyai tujuan untuk mengidentifikasi pesan pendidikan di situs online dengan konsep internet. Walau di dalam kepelbagian pendapat sering terjadi ketidak selarasan dan perlunya bisa dipertanggung jawabkan. Lantaran sering munculnya berita hoax yang meresahkan. Inilah sebagian dapur pikir jurnalistik konvensional yang selalu berpegang teguh pada undang-undang dasar kode-etik yang semestinya.

Juga disamping itu citizen journalism sebagai salah satu cara untuk mengembangkan literasi media. Salah satu kompetensi literasi media adalah kemampuan untuk mengevaluasi dan menghasilkan informasi baru berdasarkan informasi yang diterima dari media massa. Contohnya kita sekarang ini dengan sangat mudah dalam mengakses informasi dengan cuma-cuma tanpa harus melalui editing yang semestinya. Mudah-mudahan kesempatan yang baik ini dijadikan sebagai pembelajaran etika sosial hidup di tengah masyarakat dan budayakan pemakaian bahasa yang benar.
Selamat berkarya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s