PRODEM

ProDem (Pro Demokrasi) atau juga kita sebut sebagai organisasi yang independen. Jaringan aktivis ini bergerak pada bidang kerakyatan. Walau 2010 yang lalu pernah sukses mengantar salah anggotanya, Fitra Jaya Purnama dan Naen Suryono mendaftar ke KPU di Pemilihan Walikota Surabaya 2010 silam dari jalur independen (non partai). Lewat jalur independan.

Jaringan aktivis kerakyatan ini juga berkomitmen untuk menjaga kondusifitas di Pemilu. Dan mereka berharap Pemilu tahun ini tidak menjebak masyarakat ke dalam dua kubu yang terkotak-kotak. Juga tak akan memberikan rekomendasi dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden manapun.

Mereka membebaskan anggotanya untuk memilih figur capres yang dinilai layak di
Pilpres 2019 .
Ketua ProDem Surabaya, Ru’yat Rahmawan menegaskan bahwa sebagai organisasi kerakyatan, ProDem tak akan terlibat politik.
“Kami tidak ada urusannya dengan politik. Namun lebih ke kerja-kerja kerakyatan,” tegas Ru’yat. .

“Deklarasi ini untuk menegaskan itu. Kami sekali lagi tak ada dukung mendukung,” tegasnya.
Memiliki basis massa signifikan, Ru’yat tak memungkiri bahwa ada beberapa tim pemenangan yang membangun komunikasi dengan pihaknya.
Apalagi, kader ProDem juga banyak yang menjadi kader partai di kedua kubu paslon capres.
“Anggota kami ada yang di PDI Perjuangan, Gerindra, NasDem, PBB, dan beberapa partai lainnya. Sehingga, komunikasi relatif terjalin mudah,” ujarnya.

Justru dengan banyaknya anggotanya yang bergabung di tim kedua paslon, pihaknya semakin menjaga netralitas di Pemilu.
“Kami menjaga rasa persaudaraan,” kata Ru’yat.
“Sehingga, meskipun kita berbeda partai atau dukungan di Pilpres, anggota ProDem tetap rangkulan ketika bertemu. Kami tak terpengaruh dengan dinamika pemilu,” urainya.

Bravo untuk ProDem, semoga sukses dan tidak terjebak oleh polarisasi politik yang tidak jelas. Dan bisa membangun demokrasi yang bermartabat penuh kebajikan dan keadaban.
Aristoteles; tentang kebajikan etik sebagai etika keutamaan atau sebagai keutamaan moral yang menjadi dasar kebijaksanaan untuk mengarahkan setiap tingkah laku dan perbuatan manusia menuju kebenaran dan kebaikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s