GAYA KEPEMIMPINAN DALAM KEBERSAMAAN.

Kehidupan warga jemaat semakin berkembang dari masa ke masa. Cara berinteraksipun juga sudah berbeda dengan satu dekade sebelumnya, karena transformasi kehidupan semakin merubah dan menuntut warganya untuk bersikap, entah semakin kritis ataupun pasif. Untuk itu gaya kepemimpinan harus mengikuti akselerasi. Namun tidak terhanyut dan harus berpegang teguh pada prinsip. Biar nanti tidak dikatakan sentralisme.

Dengan adanya grup di WA semakin menambah wawasan warga untuk berjibaku dalam mengambil sikap. Dulunya sebagai warga yang pasif sekarang sebaliknya lebih aspiratif, disinilah seorang pemimpin dituntut untuk lebih pro aktif mengambil kebijakan. Tidak harus mengatakan: “kudu ngene” yang tidak ada kecenderungan mengatakan “enake yok opo, ayo dimusyawarahke barang-bareng”

Model kepemimpinan merupakan aspek penting bagi seorang pemimpin, karena model kepemimpinan akan efektif jika disesuaikan dengan tingkat kematangan anak buah. Inilah yang menjadi catatan tersendiri bagi yang merasa sebagai anak buah. Kepemimpinan partisipatif didefinisikan seorang pemimpin mengikutsertakan anak buah bersama-sama berperan didalam proses pengambilan keputusan. Mereka mempunyai kemampuan, tetapi kurang memiliki kemauan kerja dan kepercayaan diri.

Kepemimpinan partisipatif didefinisikan sebagai persamaan kekuatan dan sharing dalam pemecahan masalah dengan bawahan dengan melakukan konsultasi dengan bawahan sebelum membuat keputusan. Kepemimpinan partisipatif berhubungan dengan penggunaan berbagai prosedur keputusan yang memperbolehkan pengaruh orang lain mempengaruhi keputusan pemimpin. Istilah lain yang biasa digunakan untuk mengacu aspek-aspek kepemimpinan partisipatif termasuk konsultasi, pembuatan keputusan bersama, pembagian kekuasaan, desentralisasi, dan manajemen demokratis.

Dalam pengamatan saya gaya pemimpinan seperti ini di jemaat kita sudah mulai nampak, walau ada sedikit kendala, ini sudah hal biasa dalam berorganisasi.
Perbedaan pendapat memang perlu, namun masih tetap dalam koridor hidup dalam kebersamaan. Selamat dalam menjalankan tugas. Tuhan memberkati kita semua….#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s