KOPAI OSING BANYUWANGI

Sosok Setiawan Subekti atau Pak Iwan dari Banyuwangi yang mempunyai andalan peracik kopai osing. Kopi yang sudah sangat terkenal sampai ke manca negara, seperti Eropa, Asia, dan Afrika. Apalagi kopai osing bikinan tangan Pak Iwan ini lain dari yang lain.

Ciri khas kopai osing bikinan Pak Iwan ada busa lemak di atas minuman kopinya dan diminum sebelum diaduk. Busa kopi ini terasa pahit dan asam sekaligus nikmat. Inilah yang membuat banyak para penikmat kopi terbuai. Di Sanggar Genjah Arum miliknya, penikmat kopi bisa menikmati secangkur kopi sambil melihat sebuah pemandangan yang indah dan disuguhi tari gandrung dan kesenian khas Banyuwangian.

Hanya dengan rahasia biji kopi disangar cukup 15 menit di wajan tanah liat dan tungku kayu. Biji kopi tanpa dicuci serta harus sama ukuran besar kecilnya agar kematangan kopi pas disangrai sama.
Tiga rahasia utama inilah yang menghasilkan kopi enak. Resep kopi enak ini rahasia dari penikmat kopi. Busa kopi ini terasa pahit dan asam sekaligus nikmat. Untuk cara mengaduknyapun minuman kopi di dalam cangkir tidak asal, memakai sendok plastik atau tembaga tapi dengan sendok kayu agar tidak merusak rasa kopi. Kopi yang disajikan berwarna kecoklatan tidak seperti kopi hitam pada umumnya. Rasanya terasa di lidah antara pahit asam dan membuat ketagihan.

Nah, agar kemasan kopi supaya awet harus disimpan dalam toples dan ditaruh di dalam kulkas agar tidak rusak rasa kopinya, hanya kala dibutuhkan saja. Kemasan kopai osing berwarna hitam bergambar capung terasa harum dicium dari luar kemasannya, apabila dipencet bungkusnya, hem serasa ingin segera mencicipi seduhan kopinya. Banyuwangi ada di sebelah paling timur Pulau Jawa yang dikenal dengan sebutan Sunrise of Java karena cahaya matahari terbit pertama kali di Pulau Jawa. Hemm..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s