DO YOU EVER FEEL LONELY?

Apakah anda pernah merasakan kesepian ? Kesepian/loneliness adalah keadaan emosi yang tidak bahagia diakibatkan oleh hasrat hubungan akrab, tetapi tidak dapat direalisasikan. Juga suatu bentuk pengalaman subjektif, yang bisa dideskripsikan sebagai kesakitan sosial. Nah, sebagai makhluk sosial, rasanya tidak ada orang yang ingin kesepian tanpa punya sahabat, tempat berbagi menumpahkan perasaan atau juga tidak punya keterikatan emosional dengan pasangan. Orang-orang yang kesepian cenderung menilai dirinya sebagai orang yang tidak berharga dan tidak ada yang mencintai. Akhirnya ia pun tidak nyaman berada di lingkungan mana pun. Ada kalanya seseorang merasa kesepian pada suatu titik kehidupannya. Kejadian ini sebenarnya masih dianggap normal. Namun, ketika rasa kesepian terjadi dalam jangka waktu panjang, sebaiknya segera diatasi untuk mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi.

Namun ternyata kesepian tidak identik sebagai orang yang tidak punya pasangan. Punya pasanganpun, orang juga bisa merasakan kesepian. Hmm….. kenapa bisa begitu ya ? Memang seperti yang sudah dibilang, kalau masih merasa kesepian, punya pasanganpun tidak akan membantu mengusir rasa tersebut. Sebab, kesepian itu berasal dari diri sendiri, dari pikiran kita sendiri. Memang ada beberapa hal lain yang bisa memicu rasa kesepian, dari hubungan percintaan yang pernah gagal atau ditinggal mati.

Ada salah satu cara paling efektif dalam mencegah rasa kesepian. Luangkan waktu untuk menulis, memelihara hewan, menanam bunga, melukis dan banyak lainnya lagi. Walau dengan cara seperti ini hanya sekedar sebagai pelampiasan atau sekedar berinteraksi. Namun sedikit bisa mengobati rasa kesepian.
Ingat, jangan terlalu lama membiarkan diri tenggelam di dalam kesepian, sebab jika dibiarkan kondisi ini dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kesedihan mendalam yang berujung depresi . Anda bisa meminta dukungan dari keluarga, rekan atau orang di sekitar lingkungan Anda. Atau pada saya, hehe..
Namun jika kesepian yang dirasakan begitu berat hingga tak mampu atasi sendiri, jangan sungkan untuk meminta bantuan para psikiater untuk membantu mengatasi kesepian yang dirasakan. Goodbye, lonely. Hemm..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s