PERKENALKANLAH MULAI DARI DINI PADA ANAK, APA ITU BUKU.

Bagaimana untuk mengenalkan anak tentang apa itu buku ? Sejak anak masih bayi sudah diperkenalkan apa itu buku. Biar anak tahu buku itu juga punya halaman, judul, juga sampul entah belakang atau depan. Maka biasakanlah anak dipupuk mulai dini, biar anak mencintai apa itu yang disebut buku yang sebenarnya.

Seorang psikolog Anna Surti Ariani SPsi MSi yang mengambil S-1 dan S-2 di Universitas Indonesia juga ikut urun rembuk dalam mengamati pengembangan anak dalam konteks pengenalan buku mulai dini cara yang sangat baik dan efektif.
“Yang kita sebut belajar baca ini bukan
b-a ba, tapi dari mengenal buku. Namanya, prabaca,” terangnya dalam acara McDonald’s Happy Readers Fun Day di McDonald’s Basuki Rahmat Surabaya (3/5)

Tidak menutup kemungkinan cara mudah untuk memperkenalkan fisik buku pada anak perlu membutuhkan kesabaran dan telaten. Dengan cara meceritakan pada anak dan sambil memperlihatkan gambar yang ada pada buku tersebut. Juga sembari belajar cara menghafal.

“Saat sudah benar-benar belajar membaca huruf, mereka nanti bisa lebih menikmati membaca buku dan lebih paham isinya,” tambahnya.
Lain dengan anak lebih dulu membaca langsung mengenal huruf. Namun merurut dia kurang bisa memahami. Sebab manfaat membaca buku sangat banyak. Mulai dari membentuk kecerdasan membaca, sosial, emosional dan daya ingat lebih baik.

Juga katanya “Oh ya, mereka juga bakal bisa mengnalu perilaku yang baik dan yang buruk lebih baik lagi.”
Dan yang terakhir Anna berpesan bahwa mengenal teknologi dalam gadget memang penting. “Walaupun gadget sudah mendunia banget, membaca masih sangat penting. Jangan tinggalkan membaca hanya karena teknoligi. Namun tetap mengenalkan hal lain, termasuk teknologi” imbuhnya mengakhiri. Hem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s