JELANG KASADA

Forum budaya menjelang Yatnya Kasada menggelar suatu pagelaran yang bertajuk
Eksotika Bromo di Lautan Pasir Kasiah Bromo, Probolinggo. Dan menampilkan beberapa tradisi kesenian, sangat menarik untuk dinikmati. Hingga tidak ketinggalan aku ikut larut di dalamnya,
(Probolinggo 13/7)

Kidung Tengger sebagai sendratari kolosal yang mengangkat kisah legenda Joko Seger-Roro Anteng. Juga ada berbagai kesenian lokal tak ikut ketinggalan, seperti Selenceng Negere asal Probolinggo, Singo Ulung dari Bondowoso, Reog Sardulo Joyo Malang, Reog Kendang Tulungagung, Musik Sape dari Kalimantan Timur, Reog Ponorogo, Jaranan Tengger, Tarian Ritus dan Menyongsong Hujan oleh Sanggar Ande-Ande Lumut. Juga disertai pembacaan puisi Kidung Tengger oleh Sosiawan Leak dan Pritta Kartika. Sekaligus membawakan tembang-tembang lingkungan dan nasionalis. Wah, pokoknya komplit ! Ternyata kesenian kita sangat menarik untuk dinikmati. Hingga para turis dari beberapa negara ikut hadir dan sangat antusias menikmati pagelaran ini.

Bupati Probolinggo Hj P. Tantriana Sari mengatakan, warga sekitar yang menjadi tuan rumah mencoba membagi kebahagiaan Kasada lewat Eksotika Bromo dengan masyarakat lebih luas. “Eksotika Bromo tahun ini telah terselenggara untuk yang ketiga kalinya. Pada April 2019, Eksotika Bromo meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Markplus Center for Tourism and Hospitality. Sebagai Top 30 Events, Calendar of Event Wonderful 2018,” katanya.

Bupati yang sudah kedua periode itu menjelaskan, Eksotika Bromo merupakan satu-satunya forum paling muda di antara forum lain yang mendapatkan penghargaan. Ke depan Eksotika Bromo akan senantiasa berkembang dan menjadi gelaran rutin yang tidak saja mampu menarik jumlah wisatawan, tapi juga memberi penguatan dan semangat baru bagi eksistensi, jati diri, dan karakter hidup masyarakat suku Tengger. “Eksotika Bromo penghargaan sepenuhnya bagi alam dan manusia bergunung,” ungkapnya.
Bagaimana ! Apakah kalian juga tertarik ingin ikut menikmati kebersamaan ini ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s