EFEKTIVITAS ATAU EFEKTIFITAS

Penutur bahasa Indonesia umumnya belum bisa membedakan pelafalan huruf “f” dan “v”. Huruf “v” umumnya tetap dilafalkan seperti huruf “f”,/fe/. Hal itu menyebabkan bentuk efektivitas dan efektifitas tidak tampak perbedaannya saat dilafalkan. Kesamaan pelafalan ini menyebabkan kita abai bahwa kedua bentuk ini tampak berbeda saat dituliskan. Sebenarnya, bentuk mana yang baku?

Untuk dapat menjawab pertanyaan itu, kita perlu melihat asal kata tersebut. Kata itu kita serap langsung dari bahasa Belanda effectiviteit. Menurut Pedoman Umum Pembentukan Istilah, akhiran -(i)teit dan -(i)ty bahasa Inggris diserap menjadi -(i)tas. Maka, bentuk yang baku adalah efektivitas karena huruf yang dipakai dari bahasa sumbernya adalah “v”, bukan “f”.

Bentuk efektifitas muncul karena orang berpikir bahwa kata ini dibentuk dari kata dasar efektif ditambah akhiran -itas. Pemahaman ini keliru karena bahasa Indonesia tidak mengenal akhiran -itas secara alami. Kata yang berakhiran -itas pasti merupakan penyerapan langsung dari kata bahasa Belanda atau bahasa Inggris.

Pertanyaan lain yang sering muncul berkaitan dengan efektivitas adalah bukankah dalam bahasa Inggris tidak ada kata effectivity dan yang ada adalah effectiveness? Seperti yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya, kata efektivitas memang bukan diserap dari bahasa Inggris, melainkan bahasa Belanda effectiviteit. Ingatlah bahwa cukup banyak kata dalam bahasa kita yang diserap dari bahasa Belanda.

Sejalan dengan pola tersebut, bentuk-bentuk baku lain adalah aktivitas (bukan aktifitas), kreativitas (bukan kreatifitas), produktivitas (bukan produktifitas), dan sportivitas (bukan sportifitas). Waspadalah saat menemukan kata yang diakhiri dengan -fitas. Hampir dapat dipastikan bahwa kata itu semestinya diakhiri dengan -vitas.

Hayo mari kita sama-sama belajar memakai bahasa yang benar. Bukan berarti penulis “sok keminter” atau kepo. Namun sekedar ikut berbelarasa dalam hal penulisan bahasa yang benar. Salam literasi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s