BERTAKZIAH DAN ETIKANYA

Datang melayat ke rumah orang yang meninggal tidak bisa kita samakan, datang ketempat resepsi, ketempat rapat, diskusi ataupun datang acara rembuk warga. Sebab ada etikanya sendiri, tidak asal ngomong ceplas-ceplos, apa lagi yang berkeaan dengan politik. Wah, bisa kacau ! Memang kita akui, yang kita lakukan serba kikuk dalam bersikap. Kok rasanya kita ini kurang bagaimana ! Kalau kita ikut menampakkan kesedihan, kok rasanya kurang pas, mau tersenyenyum kok tidak patut. Apalagi yang lebih tidak karuan dan kebacut, ngomong rasan-rasan di belakang keluarga yang sedang berduka. Wah, koplak tenan iki, jan ora ngerti unggah-ungguh. Jadi ya memang serba repot tenan, ya…

Nah, ini ada beberapa pengalaman pribadi yang bisa kita sampaikan.
Alangkah baiknya jangan bicara sendiri, hormati keluarga yang bersedih. Dan ada banyak hal lain yang harus diperhatikan, tapi intinya adalah etika dan rasa ingin menghargai sesama. Juga jangan bertanya tentang proses kematian yang sekiranya hanya sekedar basa-basi. Bilapun ini perlu, namun harus serius pada konteksnya.
Atau mungkin kita bisa bertanya “Yang sabar, ya,” itupun kadang juga bisa menjadi bumerang. Jadi, sebaiknya berhati-hati untuk mengucapkannya. Sekali atau dua kali, permintaan untuk berkata yang sabar, ya. Ya ini mungkin tidak salah, tapi saat dikatakan berkali-kali, keluarga yang masih sangat berduka mungkin bisa kecewa juga.

Memang pada saat melayat, kesopanan pembawaan diri amat dibutuhkan. Dan bisa juga kita pasang nada telepon ke tanpa dering serta berbicara dengan nada perlahan dan hening apa lagi saat
pembacaan doa atau upacara.
Berkomunikasi secukupnya, sebab keluarga alharhum tidak memiliki waktu banyak untuk menjawab setiap pertanyaan tamu yang datang. Karena itulah saat berkomunikasi usahakan hanya membahas hal wajar terkait ungkapan duka. (CMIIW : Corect Me If I’m Wrong)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s